Kini kami hadir di Google play store, klik, unduh dan instal

HOME // Nasional // Politik

   Pada: Kamis, 13 Februari 2020

62 Ribu Ton Bawang Putih Dari China Akan Masuk ke Indonesia

Foto : penjual bawang putih di pasar.

Lenterainspiratif.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan Surat Perizinan Impor (SPI) bawang putih dengan volume 62.000 ton. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendag, Oke Nurwan mengatakan, 62.000 ton bawang putih itu akan segera masuk ke Indonesia.

“Kan ada persyaratan yang harus dipenuhi. Jadi sekarang yang dinyatakan sudah lengkap kurang lebih 62.000 ton. Segera, pasti ke luar. Sudah beres, sudah lengkap,” kata Oke usai menghadiri konferensi pers Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/2/2020) seperti dikutip dari laman berita Detik.com.

Oke mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) memang mengirimkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih untuk 103.000 ton kepada Kemendag. Namun, saat ini baru 62.000 ton yang memenuhi persyaratan impor Kemendag.

“103.000 sudah terbit (RIPH dari Kementan), kan yang baru masuk, itu sudah kita proses, kalau lengkap. Jadi tergantung mereka,” ungkapnya.

Oke menegaskan, bawang putih ini aman diimpor dari China. Pasalnya, bawang putih bukan media pembawa virus corona.

“Scientific eveidence-nya baik dari World Health Organization (WHO) yang jadi carrier adalah binatang hidup. Akhirnya diputuskan ada pemberhentian sementara, atau larangan sementara impor binatang hidup, tidak termasuk produk ikan. Karena perikanan bukan carrier corona virus. Begitu juga dengan bawang putih, bukan carrier virus,” paparnya.

Laman: 12

<< Kembali | Selanjutnya >>







Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI