Kini kami hadir di Google play store, klik, unduh dan instal

HOME // Gaya Hidup

   Pada: Senin, 9 September 2019

Ini Cara Efektif Atasi Masuk Angin

foto : ilustrasi.

MOJOKERTO -Hampir setiap orang pernah mengalami masuk angin. Umumnya, masuk angin dapat disebabkan karena beberapa kondisi tubuh yang tidak sehat, seperti radang atau infeksi yang terjadi di saluran pernapasan, saluran pencernaan atau banyaknya udara masuk ke dalam tubuh.

Tanda-tanda terkena masuk angin biasanya ditandai dengan sering bersendawa, mual, perut kembung, lesu, pusing, malahan bisa sampai muntah. Menurut istilah medis, orang yang mengalami gejala masuk angin disebut sebagai sindrom dispepsia.

Jika tidak segera diatasi, maka radang pada saluran pernapasan itu kemungkinan besar bakal timbul penyakit seperti pilek, batuk sampai demam tinggi.

Lantas bagaimana cara mengatasi masuk angin? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini tips mengatasi masuk angin dengan mudah tanpa obat-obatan.

# Minum air jahe

Sudah tidak aneh jika jahe sering dipakai sebagai obat herbal yang khasiat atau manfaatnya benar-benar terjamin. Salah satunya yaitu sebagai solusi atasi kembung dan memperlancar sirkulasi darah. Sehingga tidak salah jika jahe bisa dijadikan obat alami untuk yang mengobati masuk angin.

Membuat jahe sebagai obat herbal masuk angin tidaklah sulit. Siapkan jahe secukupnya kemudian diparut. Hasil parutan jahe tersebut direbus sampai mendidih kemudian disaring.

Sangat enak jika diminum rebus jahe tersebut masih dalam keadaan hangat. Untuk Anda yang tidak menyukai rasa jahe yang pedas itu, bisa ditambahkan dengan gula merah atau madu.

# Lemon dan madu

Masuk angin terjadi karena kondisi tubuh yang tidak fit atau kurangnya vitamin C. Untuk itu, lemon bisa menjadi alternatif atau cara mengatasi masuk angin, karena buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C.

Sebenarnya banyak minuman yang bersumber dari buah lemon di toko-toko. Namun alangkah baiknya jika membuat sendiri minuman lemon. Lemon yang sudah diperas dicampurkan dengan teh dan madu.

Campuran teh, lemon dan madu mempunyai kandungan nutrisi yang komplit, dan berfungsi sebagai penambah sistem imun dalam tubuh serta meregenerasi sel tubuh.

Laman: 12

<< Kembali | Selanjutnya >>







Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI