Nantikan aplikasi kami di Google Play Store

HOME // Budaya // Daerah

   Pada: Selasa, 3 September 2019

Dinas Kebudayaan Kota Ternate Gelar Workshop dan Pameran Jejak Warisan Alfred Russel Wallace

TERNATE – Workshop dan Pameran jejak warisan Alfred Russel Wallace oleh Dinas Kebudayaan Kota Ternate, di ball room Kie Raha lantai 5 muara hottel, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, KotaTernate, Maluku Utara, Selasa (3/9/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Ternate, Dr. Burhan Abdurrahman, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Ir. Arifin Umasangadji, Direktur A. R. Wallace Correspondence Project Mr. Paul Wincup, Mr. George Beccaloni dan Mr. Paul Spenser Sochaczweski, Kepala Bidang Sejarawan dan Cagar Budaya Kota Ternate, Rinto Taib. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Walikota Ternate Burhan Abdurahman, yang di ikuti 80 peserta.

Sebagaimana hal ini disampaikan oleh Walikota Ternate Burhan Abdurrahman dalam sambutannya bahwa bagi saya apa yang kita lakukan hari ini adalah hal yang sangat penting dan menjadi fokus bagi pemerintah kota di tahun 2020 nantinya.

“Intinya bahwa apa yang kita lakukan hari ini, Insya Allah nanti ditindak lanjuti oleh pemerintah kedepan, karena ini merupakan sesuatu yang sangat besar dan penting bagi masyarakat Kota Ternate di masa-masa yang akan datang, “terangnya.

Lanjut Burhan, bahwa hal ini merupakan momentum yang harus diskusikan, untuk mengembalikan kejayaan Ternate dan mengangkat profesionalisme seorang Alfrid Russel Walace yang kebetulan cukup lama tinggal di Ternate pada saat itu.

“Agar dunia mencari apa yang telah dilakukan oleh A.R Wallace tentang teori evalation yang digagas oleh Darwin, supaya para ilmuan-ilmuan tertarik dengan apa yang kita bicarakan hari ini, “tegasnya.

Olehnya itu, workshop hari ini menjadi hal yang sangat penting dan jangan berhenti sampai disini. Sampai kita wujudkan rumah seorang ilmuan A.R Wallace. Agar bisa menjadi destinasi Parawisata di Maluku Utara kedepan. Hal ini diupayakan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Ternate dan Maluku Utara secara umum. Dan Ternate kedepan harus kita isi dengan ivent-ivent yang dapat menarik orang banyak untuk berkunjung melihat destinasi Parawisatnya yang ada di Kota Ternate.

“Sebelum masa jabatan saya berakhir, kiranya kita sudah bisa menemukan bekas peninggalan Rumah Wallace, agar kita bisa membangun rumah seorang ilmuan tersebut untuk menjadi pertontonan bagi masyarakat didalam negeri mau pun manca negara, dan bisa berkunjung di Kota Ternate,”harapnya.

Sementara itu, melalui hasil konferensi pers oleh awak media, salah seorang juru bicara Ilham Abdullah mengatakan, bahwa hasil penelitian yang dilakukan oleh Direktur A. R. Wallace Correspondence Project (Mr. Paul Wincup, Mr. George Beccaloni dan Mr. Paul Spenser Sochaczweski), bahwa ada 7 sumur yang menjadi fokus penelitian dimana tempat rumah Alfrid Russel Wallace yang sebenarnya. Namun, hal ini masih tetap dikumpulkan bukti-bukti data yang falid didalam penelitian mereka, agar untuk membuktikan lokasi rumah Wallace atau tempat tinggal yang sebenarnya. itu tidak jauh dari benteng Front Orange.

“Kata mereka rumah Wallace tidak jauh dari benteng orange, dan bahkan dari rumah Wallace jika pergi ke Pasar dalam jangka waktu hanya 5 Menit, “jelasnya.

Laman: 12







Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI