Nantikan aplikasi kami di Google Play Store

HOME // Daerah

   Pada: Senin, 1 Juni 2020

Sekolah Bung Karno Kecil Jadi Tempat Upacara Secara Virtual Ning Ita

foto : Ning Ita gelar upacara di SD Negeri Purwotengah

lenterainspiratif.com | Mojokerto – Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, Kota Mojokerto memperingati hari lahirnya Pancasila dengan suasana yang berbeda. Bertempat di SD Negeri Purwotengah, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menggelar upacara secara virtual di sekolah mantan presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno sewaktu kecil, Senin (1/6/2020).

Pancasila merupakan dasar ideologi-ideologi negara, yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Karena berperan sebagai pemersatu bangsa. Pancasila juga membimbing para pejuang mencapai Indonesia berdaulat. Pada tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno, sapaan akrab Ir Soekarno, diberikan kesempatan memberikan pidato menyampaikan gagasan dasar negara dengan sebutan Pancasila.

Mendengar pidato yang disampaikan, Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) memutuskan untuk membentuk panitia kecil guna menyusun dasar negara dengan pedoman pidato yang disampaikan oleh Bung Karno. Hingga pada 18 Agustus 1945 (sidang PPKI 1) rumusan Pancasila tersebut dinyatakan sah sebagai dasar negara Indonesia.

Laman: 12







Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI